Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan atas

SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN, MIKROPROSESSOR DAN MIKROKONTROLLER

Nama Sekolah            : SMK MEKAELEKTRONIKA.COM

Bidang Keahlian          Teknologi dan Rekayasa

Program Keahlian        Semua Program Keahlian

Kompetensi Keahlian   Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran            Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Durasi (Waktu)            144 JP (@ 45 Menit)

 

KI 1:   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2:  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI  3:  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI  4:  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Audio Video. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan tandar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, olaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak akhir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

3.1 Menerapkan algoritma pemograman untuk pemecahan masalah.

3.1.1 Memahami konsep algoritma pemrograman.

3.1.2 Menjelaskan cara menerapkan algoritma pemrograman untuk memecahkan masalah.

Algoritma Pemrograman

·  Konsep Algoritma Pemrograman

·  Struktur Algoritma Pemrograman

·  Variabel

·  Jenis2 data

·  Operator

·  Flowchart

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang konsep algoritma pemrograman, struktur algoritma pemrograman, variabel, jenis2 data, operator dan flowchart

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang konsep algoritma pemrograman, struktur algoritma pemrograman, variabel, jenis2 data, operator dan flowchart

Mengeksplorasi

Mengeksplorasi konsep algoritma pemrograman, struktur algoritma pemrograman, variabel, jenis2 data, operator dan flowchart

Mengasosiasi

Menganalisis konsep algoritma pemrograman, struktur algoritma pemrograman, variabel, jenis2 data, operator dan flowchart

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar dan disimulasikan dengan software pada komputer tentang konsep algoritma pemrograman, struktur algoritma pemrograman, variabel, jenis2 data, operator dan flowchart

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

12 JP

Modul Pemrograman Konsep Algoritma, Modul Pemrograman Dasar Borland Delphi, Video Ilustrasi Algoritma Pemrograman, mekaelektronika.com

4.1 Memecahkan masalah dengan algoritma pemograman

4.1.1 Merancang pemecahan masalah dengan algoritma pemrograman.

4.1.2 Memecahkan pemecahan masalah dengan algoritma pemrograman.

3.2 Memahami arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor

3.2.1 Memahami gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor.

3.2.2 Merencanakan gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor.

Gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor

·  Pengertian Dasar Mikroprosesor

·  Jenis arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor

·  Internal Software Design

·  Internal Hardware Design

·  Blok diagram arsitektur mikroprosesor

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor dan blok diagram arsitektur mikroprosesor

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor dan blok diagram arsitektur mikroprosesor

Mengeksplorasi

Mengeksplorasi gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor dan blok diagram arsitektur mikroprosesor

Mengasosiasi

Menganalisis gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor dan blok diagram arsitektur mikroprosesor

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar dan disimulasikan dengan software pada komputer tentang gambar arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

16 JP

Buku Teks Siswa, mekaelektronika.com, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama

4.2 Membuat blok diagram arsitektur mikrokontroller

4.2.1 Membaca blok diagram arsitektur mikroprosesor.

4.2.2 Membuat blok diagram arsitektur mikroprosesor.

3.3 Memahami komponen pendukung sitem minimum mikroprosesor

3.3.1 Menyebutkan komponen pendukung sistem minimum mikroprosesor

3.3.2 Menjelaskan komponen pendukung mikroprosesor

·  Macam-macam komponen pendukung sistem mikroprosesor

·  Komponen pendukung sistem minimum mikroprosesor (software, hardware)

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang komponen pendukung sistem minimum mikroprosesor untuk mengidentifikasi dan merumuskan tentang komponen pendukung mikroprosesor (software dan hardware)

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang komponen pendukung sistem minimum mikroprosesor.

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data tentang komponen pendukung sistem minimum mikroprosesor (software dan hardware).

Mengasosiasi

Mengolah data tentang komponen pendukung sistem minimum mikroprosesor (software dan hardware).

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis tentang komponen pendukung sistem minimum mikroprosesor (software dan hardware).

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

12 JP

Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama, mekaelektronika.com

4.3 Memilah komponen pendukung sitem minimum mikroprosesor

4.3.1 Menerapkan komponen pendukungsistem minimum mikroprosesor pada Rangkaian sistem minimum mikroprosesor

4.3.2 Membuat rangkaian sistem minimum mikroprosesor dengan menggunakan komponen pendukung

3.4 Memahami bahasa Pemrograman Mikroprosesor.

3.4.1 Memahami instruksi-instruksi (instructions set) mikroprosesor

3.4.2 Menjelaskan instruksi-instruksi (instructions set) mikroprosesor

·  Instruksi Operasi Mikroprosesor

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang instruksi-instruksi operasi pada bahasa pemrograman Mikroprosesor.

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait instruksi-instruksi operasi pada bahasa pemrograman Mikroprosesor.

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data tentang instruksi-instruksi operasi pada bahasa pemrograman Mikroprosesor.

Mengasosiasi

Mengolah data tentang instruksi-instruksi operasi pada  bahasa pemrograman Mikroprosesor.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis tentang instruksi-instruksi operasi pada bahasa pemrograman Mikroprosesor.

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

12 JP

Software aplikasi Bahasa C AVR-3, Proteus,

Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama

4.4 Mengoperasikan bahasa Pemrograman Mikroprosesor.

4.4.1 Menerapkan instruksi-instruksi (instructions set) mikroprosesor.

4.4.2 Menggunakan instruksi-instruksi (instructions set) mikroprosesor

3.5 Merencanakan aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor

3.5.1 Mengidentifikasi listing program input/output dari sistem minimum mikroprosesor.

3.5.2 Mengidentifikasi listing komponen hardware blok input/output dari sistem minimum mikroprosesor

·  Aplikasi program input/output pada sistem minimum mikroprosesor.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·  Perakitan komponen Input/Output sistem minimal mikroprosesor

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang listing program input/output dari sistem minimum mikroprosesor untuk mengidentifikasi dan merumuskan tentang program aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor.

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang listing program input/output dari sistem minimum mikroprosesor

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data tentang listing program input/output dari sistem minimum mikroprosesor.

Mengasosiasi

Mengolah data tentang listing program input/output dari sistem minimum mikroprosesor.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar dan disimulasikan dengan software pada komputer tentang program aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

20 JP

Software aplikasi Bahasa C AVR-3, Proteus, Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama, mekaelektronika.com

4.5 Membuat program aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor

4.5.1 Menjelaskan program aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor.

4.5.2 Membuat program aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor.

3.6 Memahami arsitektur (rancang bangun) mikrokontroller

3.6.1 Memahami arsitektur (rancang bangun) mikrokontroler

3.6.2 Menjelaskan arsitektur (rancang bangun) mikrokontroler

·  Arsitektur (rancang bangun) mikrokontroler

 

 

 

 

 

·  Merancang arsitektur (rancang bangun) mikrokontroler

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang arsitektur (rancang bangun) mikrokontroller

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang arsitektur (rancang bangun) mikrokontroller

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data seputar konsep arsitektur (rancang bangun) mikrokontroller

Mengasosiasi

Mengolah data seputar konsep arsitektur (rancang bangun) mikrokontroller

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar dan disimulasikan dengan software pada komputer tentang arsitektur (rancang bangun) mikrokontroller

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

12 JP

Software aplikasi Bahasa C AVR-3, Proteus, Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama

4.6 Merancang arsitektur (rancang bangun) mikrokontroller

4.6.1 Merancang arsitektur (rancang bangun) mikrokontroler

3.7 Memahami Pemrograman dengan mikrokontroller.

3.7.1 Memahami bahasa pemrograman mikrokontroler.

3.7.2 Menjelaskan bahasa pemrograman mikrokontroler.

·  Pemrograman menggunakan mikrokontroler

 

 

 

 

·  Membuat program dengan mikrokontroler

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang Pemrograman dengan mikrokontroller.

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang Pemrograman dengan mikrokontroller.

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data seputar Pemrograman dengan mikrokontroller.

Mengasosiasi

Mengolah data tentang Pemrograman dengan mikrokontroller.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar dan disimulasikan dengan software pada komputer tentang Pemrograman dengan mikrokontroller.

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

20 JP

Software aplikasi Bahasa C AVR-3, Proteus, Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama, mekaelektronika.com

4.7 Membuat program dengan mikrokontroller.

4.7.1 Menerapkan bahasa prmrograman mikrokontroler

4.7.2 Menggunakan bahasa pemrograman mikrokontroler.

3.8 Merencanakan program aplikasi sederhana dengan mikrokontroller

3.8.1 Mengidentifikasi program aplikasi pengendali water level pada water tower.

3.8.2 Merencanakan program aplikasi pengendali water level pada water tower.

·  Program aplikasi pengendali water level pada water tower.

 

 

 

 

 

 

 

·  Membuat program aplikasi pengendali water level pada water tower.

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang program pengendali water level pada water tower.

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang program pengendali water level pada water tower.

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data tentang program pengendali water level pada water tower.

Mengasosiasi

Menganalisis program pengendali water level pada water tower.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar dan disimulasikan dengan software pada komputer tentang program pengendali water level pada water tower.

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

20 JP

Software aplikasi Bahasa C AVR-3, Proteus, Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, mekaelektronika.com, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama

4.8 Membuat program aplikasi sederhana dengan mikrokontroller

4.8.1 Membuat program aplikasi pengendali water level pada water tower.

4.8.1 Menjalankan program aplikasi pengendali traffic light pada water tower.

3.9 Merencakan aplikasi sederhana sistem pengendali mikrokontroller

3.9.1 Mengidentifikasi program aplikasi pengendali traffic light sistem perempatan.

3.9.2 Merencanakan program aplikasi pengendali traffic light sistem perempatan.

·  Program aplikasi pengendali traffic light sistem perempatan.

 

 

 

 

 

 

 

·  Membuat program aplikasi pengendali traffic light sistem perempatan.

Mengamati

Tayangan E-Book/gambar/video atau demonstrasi tentang program pengendali traffic light sistem perempatan.

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar, demonstrasi atau teks pembelajaran tentang program pengendali traffic light sistem perempatan.

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data tentang program pengendali traffic light sistem perempatan.

Mengasosiasi

Menganalisis program pengendali traffic light sistem perempatan.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar dan disimulasikan dengan software pada komputer tentang program pengendali traffic light sistem perempatan.

Tugas

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Materi Pembelajaran.

 

Observasi

Mengamati kegiatan/aktifitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain dengan instrumen penilaian yang sesuai.

 

Portofolio

·  Melakukan simulasi dengan komputer, kemudian mempresentasikannya.

·  Melakukan praktikum, serta membuat laporan dalam bentuk tulisan.

 

Tes

Essay/Pilihan Ganda

20 JP

Software aplikasi Bahasa C AVR-3, Proteus, Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Sumber Lain yang relevan, mekaelektronika.com, Internet, Laboratorium Teknik Elektronika Industri, Afrie Setiawan.

Tokheim, Sutisna, [2011], 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA 8535, ATMEGA 16 menggunakan BASCOM-AVR, Edisi Pertama

4.9 Membuat program aplikasi sederhana sistem pengendali mikrokontroller

4.9.1 Membuat program aplikasi pengendali traffic light sistem perempatan.

4.9.2 Menjalankan program aplikasi pengendali traffic light sistem perempatan.

 

Mengetahui,

Kepala SMK MEKAELEKTRONIKA.COM

 

 

 

MEKAELEKTRONIKA